Pengaruh Metode Market Place Activity Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII ( Studi Eksperimen di MTsN 1 Kota Serang)

Kinantu, Ummatu Alsa (2023) Pengaruh Metode Market Place Activity Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII ( Studi Eksperimen di MTsN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210132_Cover.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210132_Lampiran Depan.pdf

Download (393kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210132_BAB I.pdf

Download (413kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210132_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (571kB)
[img] Teks
S_PAI_191210132_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (707kB)
[img] Teks
S_PAI_191210132_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210132_BAB V.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210132_Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sebelum menggunakan metode market place activity; (2) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dalam mempelajari fiqih setelah menggunakan metode market place activity; (3) untuk mengetahui pengaruh metode market place activity terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode market place activity dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) metode market place activity terhadap motivasi belajar siswa berada dikategori sedang pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 58,43 dan metode market place activity berada dikategori tinggi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas pretest 61,17; (2) metode market place activity terhadap motivasi belajar siswa berada dikategori tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata posttest 69,86 sedangkan metode market place activity terhadap motivasi belajar siswa berada dikategori tinggi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata posttest 62,69. (3) Nilai Sig (2-tailed) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 Nilai 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga Hipotesis alternatif (Ha) Metode Market Place Activity pada mata pelajaran fiqih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTSN 1 Kota Serang. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode market place activity berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Market Place Activity, Motivasi Belajar, Fiqih
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Aug 2023 08:38
Perubahan Terakhir: 31 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.