Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tafsir (Studi di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Tangerang)

Rohmah, Nadiya Miftakhu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tafsir (Studi di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210139_Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_Lampiran Depan.pdf

Download (977kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PAI_191210139_Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament jika diterapkan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament pada peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam segi fisik dan mental pada proses pembelajaran masih rendah dan masih kurangnya respon siswa untuk menerima stimulus dari guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol memiliki skor sebesar 70. Dan terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir berdasarkan analisis uji-t yaitu uji dua pihak yang menunjukan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir yaitu dengan kriteria pengujian nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan nilai yang diperoleh ialah sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Aug 2023 07:41
Perubahan Terakhir: 31 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.