Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon

Rahimah, Fathia Adriati (2023) Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210055_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_Lampiran Depan.pdf

Download (748kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PAI_191210055_Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan konsep kurikulum Merdeka di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon. (2) Untuk mengetahui penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi mandiri dalam pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon. (3) Untuk mengidentifikasi berbagai hal yang mendukung serta yang menjadi kendala dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi mandiri dalam pembelajaran PAI yang diajarkan, terutama bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Kurikulum Merdeka di SKh Al-Kautsar Kota Cilegon tidak jauh berbeda dengan satuan pendidikan reguler, yakni mengacu pada Keputusan Mendikbud nomor 56 tahun 2022. Namun dalam penerapannya karena kurikulum merdeka ini merupakan kebijakan baru, masih banyak guru-guru yang bingung akan aturan administrasinya. Selanjutnya penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi mandiri pada anak berkebutuhan khusus di SKh Al-Kautsar sudah terlaksana dengan baik yang dibuktikan dengan proses perencanaan dengan adanya asesmen diagnostik yang dilakukan kepada siswa untuk mengetahui kebutuhannya. Kemudian proses pelaksanaannya menggunakan metode ketladanan dan pembiasaan dengan bantuan media dan sumber belajar video Youtube. Kemudian dari proses evaluasinya dilakukan secara tertulis, lisan atau lainnya menyesuaikan kondisi siswa. Ada beberapa hal yang mendukung dalam pelaksanaannya, diantaraya guru yang harus mampu menjalankan proses pembelajaran dengan baik, sarana prasarana sekolah yang memadai, dan orang tua yang bersedia bekerjasama dengan pihak sekolah. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya diantaranya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kelainan dan karakteristik siswa yang beragam pada anak berkebutuhan khusus, dan orang tua yang tidak mau bekerjasama dengan pihak sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Aug 2023 06:22
Perubahan Terakhir: 31 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.