Strategi dan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru dan Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMKS YPWKS Cilegon)

Imanulloh, Muhammad (2023) Strategi dan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru dan Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMKS YPWKS Cilegon). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_192630012_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_Lampiran Depan.pdf

Download (984kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (285kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
T_MPI_192630012_Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebaran Virus Covid-19 yang menjadi persoalan dalam dunia pendidikan yang berdampak pada perubahan system pembelajaran disekolah diganti menjadi pembelajaran online. Bergantinya system pembelajaran tersebut berdampak pada menurunnya motivasi mengajar guru dan siswa yang terjadi di SMKS YPWKS Cilegon. Dari latar belakang tersebut dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah tentang bagaiamana strategi kepala sekolah dalam memotivasi mengajar guru dan belajar siswa dimasa pandemic Covid-19, Bagaimana kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memotivasi mengajar guru dan belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Bagaimana strategi dan kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi mengajar guru dan belajar siswa dimasa pandemic Covid-19. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah smks YPWKS Cilegon dalam memotivasi guru dan siswa dimasa pandemic covid-19, mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dan siswa dimasa pandemi Covid-19, serta mengetahui strategi dan kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dan siswa dimasa pandemic Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian study kasus dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi/pengamatan, dokumentasi, dan angket. Berdasarakan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah SMKS YPWKS Cilegon dalam memotivasi mengajar guru dan siswa dimasa pandemic Covid-19 yakni memberikan pelatihan dan pengenalan aplikasi pembelajaran online sebelum pelaksanaan kegiatan belajar online, penerapan reward dan punishment pada guru dan siswa, Mengikutsertakan guru mengikuti MGMP, pelatihan dan workshop pembelajaran online dimasa pandemic Covid-19, pemberian balas jasa atau insentif pada guru dan bantuan pulsa internet pada siswa. Kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dan siswa dimasa pandemi Covid-19 yakni Melibatkan dan memaksimalkan stakeholder, orang tua dan siswa ,Memberikan dukungan secara langsung kepada guru dan siswa serta memberikan contoh keteladanan kepemimpinan pada guru dan siswa. Strategi dan kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dan siswa dimasa pandemi Covid-19 yakni memberikan pelatihan dan pengenalan aplikasi pembelajaran online sebelum pelaksanaan kegiatan belajar online, penerapan reward dan punishment pada guru dan siswa, Mengikutsertakan guru mengikuti MGMP, pelatihan dan workshop pembelajaran online dimasa pandemic Covid-19, Melibatkan dan memaksimalkan stakeholder, orang tua dan siswa pemberian balas jasa atau insentif pada guru dan bantuan pulsa internet pada siswa Memberikan dukungan secara langsung kepada guru dan siswa serta memberikan contoh keteladanan kepemimpinan pada guru dan siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Strategi, kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi guru dan siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Aug 2023 06:49
Perubahan Terakhir: 30 Aug 2023 06:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.