قيمة إجمالية في قصيدة " تفاؤل و أمل" لإبراهيم عبد الفتاح الطوقان (دراسة أسلوبية)

Irkhamna, Irma (2023) قيمة إجمالية في قصيدة " تفاؤل و أمل" لإبراهيم عبد الفتاح الطوقان (دراسة أسلوبية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360040_Cover.pdf

Download (479kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (902kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (675kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (960kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Teks
S_BSA_191360040_Daftar Pustaka.pdf

Download (616kB)

Abstrak

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh nilai estetika stilistika dalam bentuk dan makna terhadap puisi Ibrahim Abdul Fattah Tauqon, Ada pun dilihat dari segi makna atau ranah semantik, pada kata هِمَّةٌ yang berarti semangat. adapun dilihat dari segi bentuk penggunaan bahasa yang khas, salah satu contoh fonologinya yaitu Shawamit munharifah, Huruf yang termasuk kelompok ini adalah lam yang digunakan pada bait 1 dan 2 pada kata .انعَوِيْمُ,انكَسُوْلُ, اٌنسَبِيْمُ, اٌندَنِيْمٌُ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah a. Membaca dan menyimak karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dilakukan dengan membaca dan menyimak penggunaan bahasa. b. Mengklasifikasikan data berdasarkan gaya bahasa dalam bentuk fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan imagery. c. Menganalisis makna pada syair Ibrahim Abdul Fattah Tauqon yang berjudul “ تٌفاؤل وٌ أٌمم ” dengan menggunakan teori Stilistika. hasil penelitian yang diperoleh ialah banyak kata atau kalimat yang memiliki nilai estetika yang tinggi pada setiap ranah, seperti panah ranah fonologi terdapat huruf "dhad" yang memiliki makna keputusasaan. pada ranah morfologi terdapat kata yang ditulis sama hurufnya dalam satu kalimat, pada ranah nahwu terdapat kata kerja perintah yang bukan memiliki makna perintah, pada ranah semantik terdapat kata yang sama tetapi memiliki maksud yang berbeda, dan ranah penggambaran pada huruf nida yang dimaksud untuk menyeru kepada orang yang malas.ٌ Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : bentuk gaya bahasa yang ada di dalam puisi ” تفاؤل و أمل ” karya Ibrahim Abdul Thauqon pada Ranah Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Semantik, dan Imagery terdapat nilai estetika yang indah, dan makna yang muncul dari penggunaan gaya bahasa pada Ranah Morfologi, Sintaksis, Semantik, dan Imagery memiliki makna yang sangat indah dan elegan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Puisi, Stilistika, dan Nilai estetika
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2023 03:18
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2023 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.