Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Business Model Canvas pada PT. Nugraha Cinta Sejati di Jakarta

Ardiansyah, Ichsan (2023) Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Business Model Canvas pada PT. Nugraha Cinta Sejati di Jakarta. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_181410079_COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (270kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (690kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_ES_181410079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT. Nugraha Cinta Sejati yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner dan memfokuskan perusahaannya pada catering. saaat ini perusahaan sedang merasa dituntut oleh keadaan untuk menciptakan sebuah inovasi sebagai bentuk dari penciptaan strategi bisnis pada bisnis model dari perusahaan tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan perusahannya. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perusahan catering ini menjalankan sebuah model bisnisnya, apakah menggunakan semua elemen yang ada pada bisnis model kanvas, serta bagaimana strategi yang baik untuk perusahaan dalam menciptakan perkembangan pada perusahaan catering tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah perusahaan catering Nugraha menggunakan semua elemen yang ada pada bisnis model kanvas, serta bagaimana strategi yang baik untuk perusahaan dalam menciptakan perkembangan pada perusahaan catering tersebut. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengunakan jenis penelitian kepustakaan (libarary research), metode penelitian mixed method, dengan menggunakan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data bersumber dari bahan primer dan skunder, sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan matriks swot dan QSPM. serta pendekatan analisis bisnis model kanvas untuk membantu menggambarkan model bisnis perusahaan Kesimpulan dari Penelitian ini adalah:1) Catering Nugraha secara tidak langsung sudah menerapkan konsep Business Model Canvas dalam melaksanakan bisnisnya, hal ini ditandai dengan menerapkan semua elemen yang ada pada bisnis model kanvas, sembilan elemen bisnis model kanvas yaitu Customer Segment, Customer Relationship, Customer Channel, Revenue Structure, Value Proposition, Key Activities, Key Resource, Cost Structure, dan Key Partners. 2) Penerapan strategi pada catering Nugraha didapatkan setelah ditinjau menggunakan Business Model Canvas dan dengan bantuan analisis SWOT,Matriks IFE dan EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, serta Matriks QSPM menghasilkan kondisi Katering Nugraha yang memiliki total skor bobot faktor internal sebesar 2,614 dan total skor bobot faktor eksternal sebesar 2,461 berada dalam kuadran V (lima) yang berarti saat ini Katering Nugraha berada dalam kondisi hold (tahan) dan maintain (memelihara). Strategi yang paling sesuai untuk di rekomendasikan kepada Katering Nugraha saat ini adalah perluasan pasar dengan mengadakan proposal promosi ke perusahaan sekitar rumah produksi dengan menawarkan harga dan kualitas yang disesuaikan pelanggan serta beberapa program diskon, perluasan pasar dengan memanfaatkan teknologi, sosial media, kegiatan-kegiatan kuliner atau sponsorship.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pengembangan Usaha,BMC, Matriks SWOT, QSPM
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Aug 2023 04:47
Perubahan Terakhir: 18 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.