Strategi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Santri dalam Meningkatkan Kedisiplinan Menghafal Kitab (Studi Kasus di Pondok Pesantren Turus Pandeglang Banten)

Nurohayati, Elis (2023) Strategi Komunikasi Interpersonal Pengasuh Santri dalam Meningkatkan Kedisiplinan Menghafal Kitab (Studi Kasus di Pondok Pesantren Turus Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510081_COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (337kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (713kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Teks
S_KPI_191510081_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB)

Abstrak

Pondok Pesantren adalah satu-satunya institusi atau lembaga pendidikan Islam yang lahir dari wilayah kebudayaan Nusantara. Secara etimologi definisi pesantren sendiri memiliki makna yang luas. Hal ini menandakan bahwa dari segi bahasa kata pesantren dapat dapat diidentikkan sebagai istilah yang lahir dari rahim keragaman budaya nusantara. Tradisi keilmuan pesantren dengan sejumlah perangkatnya, memberikan nuansa berbeda dengan tradisi di luar pesantren. Salah satu program yang diterapkan pada pondok pesantren terkhsusus penghafal kitab adalah setoran, yang dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari semalam. Dengan demikian keberhasilan pendidikan bisa dicapai melalui penerapan disiplin. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi Pengasuh Santri dalam menjalankan kedisiplinan menghafal kitab di Pondok pesantren Turus Pandeglang Banten?, 2) Apa saja kendala pada strategi komunikasi pengasuh santri dalam menjalankan kedisiplinan menghafal kitab di Pondok pesantren Turus Pandeglang Banten?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pengasuh santri dan untuk mengetahui kendala komunikasi pengasuh santri dalam menjalankan kedisiplinan menghafal kitab di Pondok pesantren Turus Pandeglan Banten. Penelitian ini digunakan dengan metode penelitian kualitatif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal pengasuh santri dalam meningkatkan kedisiplinan menghafal kitab di Pondok Pesantren Turus Pandeglang Banten adalah dengan adanya ketauladanan, perjanjian, dan memberikan pujian. Adapun pola yang digunakan pengasuh santri adalah pola otoritatif, yaitu aturan yang dibuat dengan baik ketat dan detail. Oleh karena itu, orang yang berada di lingkungan disiplin mengikuti dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Pengasuh Santri, dan Kedisiplinan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 07:28
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.