Strategi Dakwah Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) dalam Meningkatkan Kredibilitas Da'i Di Provinsi Banten (Studi Deskriptif di Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten)

Syahriyan, Muhamad (2023) Strategi Dakwah Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) dalam Meningkatkan Kredibilitas Da'i Di Provinsi Banten (Studi Deskriptif di Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510135_COVER.pdf

Download (248kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (695kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (563kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (229kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_191510135_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Dalam konteks dakwah, jika ingin mencapai hasil yang maksimal dan tepat sesuai dengan tujuan awal dalam berdakwah, maka haruslah didukung dengan strategi yang jitu dan handal. Disamping penggunaan strategi yang baik, kredibilitas dakwah seorang da'i pun perlu ditingkatkan agar aktivitas dakwah dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk membentuk sosok seorang da'i yang berkualitas dan memiliki kredibilitas yang baik, maka diperlukan suatu organisasi, instansi ataupun lembaga yang bergerak di bidang dakwah dan memiliki strategi dakwah yang baik untuk membina, mengkader, mendidik, membimbing dan melatih seorang da'i agar kredibilitas yang dimilikinya dapat meningkat. Dalam hal ini, Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) adalah organisasi yang bersifat resmi yang bergerak di bidang dakwah dan bertugas untuk memberikan ilmu penegetahuan, wawasan, pengalaman dan ajaran agama, khususnya ajaran agama Islam, serta melatih para kader da'i muda yang berbakat untuk mengadakan berbagai konferensi serta meningkatkan kredibilitas da'i dalam berdakwah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi dakwah yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten dalam meningkatkan kredibilitas da'i dalam berdakwah?. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten dalam meningkatkan kredibilitas da'i dalam berdakwah?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi dakwah yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten dalam meningkatkan kredibilitas da'i dalam berdakwah. Mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten dalam meningkatkan kredibilitas da'i dalam berdakwah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten dalam upaya meningkatkan kredibilitas para da'i di Provinsi Banten telah melakukan ketiga strategi peningkatkan kredibilitas komunikator (da'i) yang dikemukakakan oleh Aristoteles yaitu Ethos, Pathos dan Logos melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam program kerja Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten. Adapun faktor pendukung dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten adalah para Da'i, Kiyai, Ustadz, Penyuluh Agama, Masyarakat, Majlis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, Kementerian Agama Provinsi Banten, Polisi Daerah (Polda) Banten dan Lembaga-Lembaga ataupun Instansi lainnya yang memiliki kerja sama dan hubungan baik dengan Forum Komunikasi Da'i Muda Indonesia (FKDMI) Provinsi Banten. Adapun Faktor penghambatnya yaitu terletak pada pembiayaan dan kondisi infrastruktur.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Dakwah, Kredibilitas Da’i
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 04:29
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.