Analisis Semiotika Postingan Politik Pemerintah dalam Akun Instagram @lambe_turah (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce)

Heldawansyah, Wahyu Nur (2023) Analisis Semiotika Postingan Politik Pemerintah dalam Akun Instagram @lambe_turah (Studi Semiotika Charles Sanders Pierce). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_161330053_Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Lampiran Depan.pdf

Download (780kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Bab I.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (164kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_KPI_161330053_Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstrak

Fenomena postingan politik pemerintah di akun gosip Instagram menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya ialah kebingungan yang muncul akibat komunikasi publik yang kurang jelas ataupun membingungkan. Ketika pemerintah sendiri dan akun gossip di Instagram tidak bisa menyampaikan pesan secara efektif ataupun memberikan fakta yang dapat dipahami dengan baik, hal ini dapat membingungkan masyarakat dan mengurangi kepercayaan publik. Oleh karena itu, penting bagi dalam hal ini @lambe_turah untuk memperhatikan cara komunikasi yang baik dan efektif dalam menyampaikan fakta politik kepada kerumunan. Dalam konteks penelitian ini, semiotika Peirce akan digunakan untuk menganalisis postingan politik pemerintah dalam akun Instagram @lambe_turah dan mengungkapkan makna yang terkandung di dalamnya. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana Sign (tanda), Object, Interpretan dalam postingan politik pemerintah dalam akun @lambe_turah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sign (tanda), Object, Interpretan dalam postingan politik pemerintah dalam akun @lambe_turah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai dokumentasi dan observasi melaksanakan penelitian pustaka (study library). Sedangkan analisis data pada penelitian ini memakai analisa data berdasarkan dari analisis semiotika yang berarti tanda. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Sign yang digunakan dalam penelitian ini ialah pidato, wawancara, dan rapat mengenai korupsi yang dilaksanakan oleh para pejabat. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian fokus pada tindakan korupsi yang terjadi dalam lingkungan politik. Object dari penelitian ini ialah Presiden, Menteri, dan aparat penegak hukum, termasuk Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Agung, dan Hakim. Ini menunjukkan bahwa penelitian memeriksa peran dan keterlibatan pejabat tinggi dalam tindakan korupsi. Interpretant dari penelitian ini ialah pemberantasan korupsi, penyetujuan Perppu Cipta Kerja, dan pemusnahan pakaian impor bekas dengan tujuan mewujudkan negara Indonesia yang bebas korupsi, adil, dan melindungi masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Semiotika, Politik, Instagram, Lambe Turah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 03:01
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13005

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.