Analisis Isi Buku "Bicara Itu Ada Seninya” Karya Oh Su Hyang Kajian Komunikasi Efektif

Alfarhatun, Alfarhatun (2023) Analisis Isi Buku "Bicara Itu Ada Seninya” Karya Oh Su Hyang Kajian Komunikasi Efektif. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510082_COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (499kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (173kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_KPI_191510082_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstrak

Komunikasi dalam kehidupan manusia sangatlah penting, seseorang harus pandai berbicara untuk menunjukkan nilai diri kepada lawan bicara dalam kehidupan sosial. Orang yang mampu berbicara dengan mahir akan menjadi lebih maju ketimbang yang lainnya. Dan untuk mencapai tujuan komunikasi, negosiasi, dan peruasi, tentunya seseorang harus mengetahui dan memahami metode komunikasi yang efisien. Sebagian besar manusia menganggap bahwa berkomunikasi adalah sesuatu hal yang sangat mudah dilakukan, mengingat sedari kecil sudah terbiasa melakukan aktivitas tersebut. Tetapi dalam konteks tertentu, terutama ketika komunikasi yang ingin kita lakukan memiliki tujuan untuk mendapatkan efek dari komunikan, maka dari itu seseorang akan berpikir dua kali untuk mengungkapkan bahwa berkomunikasi itu mudah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pesan komunikasi dalam buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang? Bagaimana teknik komunikasi yang efektif dalam buku Bicara Itu Ada Seninya? Penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui apa pesan komunikasi dalam buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang, dan Mengetahui bagaimana buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang menjelaskan teknik komunikasi yang efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan analisis data menggunakan analisis isi (content analisys). Dalam hal ini peneliti menggungkapkan isi pesan komunikasi dan teknik komunikasi yang efektif dalam buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah setudi kepustakaan (Library Research), dengan fokus penelitian pada isi pesan dan teknik komunikasi efektif dalam buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: isi pesan yang terkandung dalam buku “Bicara Itu Ada Seninya” karya Oh Su Hyang adalah rumus komunikassi yang efektif, faktor positif dan negatif dalam dialog, rumus persuasi komunikasi dan kekuatan repetisi untuk mendatangkan “yes.” Adapun Teknik Komunikasi Efektif yang terkandung dalam buku “Bicara Itu Ada Seninya” karya Oh Su Hyang adalah ,elatih logika berbicara, katarsis dalam cerita yang bagus, penyebab takut berbicara, 90% ucapan dibentuk oleh suara dan gerak tubuh, empat mantra meningkatkan rasa percaya diri, tarik ulur negosiasi, dasar dari perdebatan adalah dengarkan, dan empat teknik mendengarkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik Komunikasi Efektif, Isi Pesan, Analaisis Isi, Oh Su Hyang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Aug 2023 08:32
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.