Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong dalam Mengatasi Academic Anxiety pada Mahasiswa (Studi di Fakultas Dakwah UIN SMH Banten)

Haq, Iqbalul (2023) Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong dalam Mengatasi Academic Anxiety pada Mahasiswa (Studi di Fakultas Dakwah UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_161340047_Caver.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_Lampiran Depan.pdf

Download (387kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (380kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (258kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (438kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_BKI_161340047_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Academic anxiety merupakan masalah psikologis yang umum terjadi di kalangan mahasiswa, ditandai dengan perasaan stres, takut, dan khawatir yang sangat kuat terkait dengan penampilan akademik. Fenomena ini telah mendapatkan perhatian yang signifikan karena dampak negatifnya terhadap kesejahteraan mental mahasiswa, prestasi akademik, dan pengalaman pendidikan secara keseluruhan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran kecemasan yang dialami mahasiswa Fakultas Dakwah UIN SMH Banten sebelum mendapatkan konseling Gestalt? 2) Bagaimana penerapan dan hasil konseling Gestalt terhadap penanganan academic anxiety yang dialami mahasiswa Fakultas Dakwah? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan academic anxiety yang dialami mahasiswa dalam masalah akademik sebelum mendapatkan konseling Gestalt. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil konseling Gestalt terhadap penanganan academic anxiety. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku responden atau narasumber yang diamati disertai dengan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan dan teknik pada proses konseling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi objek penelitian ini adalah lima orang mahasiswa yang mengalami kecemasan akademik atau academic anxiety. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) gambaran kondisi Psikologis yang dialami oleh kelima responden yaitu seperti detak jantung terasa cepat, ketegangan dan kegelisahan, kekhawatiran berlebihan, gangguan tidur, konsentrasi terganggu, ketegangan fisik, perasaan rendah diri, pikiran yang negatif, gangguan pola makan, perubahan emosional, dan penghindaran dan penundaan terhadap sesuatu. 2) Penerapan konseling gestalt menggunakan teknik kursi kosong dalam mengatasi academic anxiety ada beberapa tahapan yaitu tahapan attending/pendahuluan, identifikasi keadaan internal, dialog dengan kecemasan, pembongkaran pola pikir negatif, eksplorasi solusi dan integrasi, dan penutup. 3) Hasil dari konseling gestalt yang mana konseling ini sangat efektif digunakan untuk mahasiswa yang mengalami academic anxiety atau kecemasan akademik. Melalui proses konseling gestalt ini peneliti menyadarkan responden akan hal tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dengan treatment berbicara dengan masalahnya sendiri

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : A.M. Fahrurrozi, S. Psi., M.A Pembimbing II : Hilda Rosida, S.S. M.Pd
Kata Kunci (keywords): academic anxiety, kursi kosong, pendekatan gestalt, mahasiswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 07:19
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12952

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.