Munandar, Asep Imam (2023) Pengaruh Penerapan Manajemen Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik Bagi Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_192630007_COVER.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630007_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (627kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630007_BAB I.pdf Download (324kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_192630007_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (369kB) |
||
Teks
T_MPI_192630007_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (483kB) |
||
Teks
T_MPI_192630007_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (468kB) |
||
|
Teks
T_MPI_192630007_BAB V.pdf Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Serang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengupayakan dalam peningkatan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, madrasah berupaya melakukan strategi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), dengan seleksi peserta didik, serta tes minat serta bakat dari peserta didik. Proses pembelajaran dengan manajemen yang baik akan mampu meningkatkan prestasi peserta didik, baik dari segi kognitif, psikomotorik bahkan ranah afektifnya. Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Serang memiliki catatan yang baik dengan lulusan-lulusannya (output). Hal ini akan lebih menggembirakan lagi, jika lulusan-lulusan terbaik dari lembaga Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten. Serang ini, mampu melanjutkan pada perguruan tinggi negeri yang notabenenya favorit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penerapan manajemen pembelajaran terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan;2) pengaruh pendekatan saintifik bagi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu pendidikan;3) pengaruh penerapan manajemen pembelajaran dan pendekatan saintifik bagi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitiatif dengan instrumen penelitian yang digunakan angket. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Serang, dengan sampel sebesar 36 responden. Hasil penelitian ini adalah:1) variabel penerapan manajemen pembelajaran berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel peningkatan mutu pendidikan dengan kategori sedang; 2) variabel pendekatan saintifik bagi tenaga pendidik tidak berpengaruh terhadap variabel peningkatan mutu pendidikan; 3) variabel penerapan manajemen pembelajaran (variabel X1) dan pendekatan saintifik bagi tenaga pendidik (variabel X2) memiliki nilai F hitung 7.531 > 2.90 F tabel, maka dapat dinyatakan bahwa kedua variabel independent tersebut secara simultan mempengarui variabel dependen (peningkatan mutu pendidikan).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Mutu, Pendidikan, Manajemen, Pembelajaran, Saintifik |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 09 Aug 2023 07:35 |
Perubahan Terakhir: | 09 Aug 2023 07:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12917 |
Actions (login required)
Lihat Item |