Reaktualisasi Model Pendidikan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Nur El Falah Kabupaten Serang

Karomi, Hafidz (2023) Reaktualisasi Model Pendidikan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Nur El Falah Kabupaten Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_192630011_COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (464kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (516kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (774kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Teks
T_MPI_192630011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa peningkatan mutu pendidikan, menjadi sebuah prioritas utama di semua lembaga pendidikan. Demikian pula dengan keberadaan Madrasah Aliyah Nur El Falah sebagai lembaga pendidikan Islam swasta berbasis pesantren terus berproses menjadi lembaga pendidikan yang memiliki kualitas setara dengan lembaga pendidikan lain bahkan menjadi lembaga pendidikan yang bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka upaya terus dilakukan dengan mereaktualisasikan model pendidikan yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah 1) bagaimana penerapan model pendidikan pada Madrasah Aliyah Nur El Falah di Kabupaten Serang? 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat Madrasah Aliyah Nur El Falah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Kabupaten Serang? 3) bagaimana upaya yang dilakukan Madarasah Aliyah Nur El Falah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Kabupaten Serang? Tujuan dalam penelitian ini, adalah 1) untuk mengetahui reaktualisasi dalam penerapan model pendidikan pada Madrasah Aliyah Nur El Falah di Kabupaten Serang, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Madrasah Aliyah Nur El Falah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Kabupaten Serang, 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Nur El Falah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Kabupaten Serang. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, para wakil kepala, guru dan siswa serta tokoh masyarakat setempat. Sedangkan teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, triangulasi, member check dan catatan lapangan. Jenis dalam penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini yang harus dilakukan menunjukan bahwa: 1) yang harus direaktualisasikan dalam model pendidikan pada Madrasah Aliyah Nur El Falah dapat dilihat dari tujuan pendidikan, materi pendidikan, sistem pengelolaan pendidikan, serta lingkungan pendidikan. 2) faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Nur El Falah dapat dilihat dari masalah tujuan belum selaras, masalah sistem manajemen/pengelolaan madrasah dan kendala pada tenaga kependidikan yang masih minim pengetahuannya tentang konsep mutu pendidikan. 3) Upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Nur El Falah dalam meningkatkan mutu pendidikan terus menerus bebenah dalam hal ini terlihat pada penyempurnaan proses kurikulum, perbaikan proses pembelajaran dan melengkapi sarana prasarana sebagai fasilitas penunjang pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Model Pendidikan, Sistem Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 07:25
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.