Nirma, Dede (2023) Manajemen Perubahan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di Era Revolusi Industri 4.0, Pada Pondok Pesantren Tamamut Tijaniyah, Ciomas Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250016_Cover.pdf Download (259kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250016_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250016_BAB I.pdf Download (371kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250016_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (574kB) |
||
Teks
S_MPI_191250016_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (293kB) |
||
Teks
S_MPI_191250016_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (502kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250016_BAB V.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250016_Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pertama Perencanaan, Kedua Pelaksanaan, Ketiga Masalah Manajemen Perubahan, Keempat Cara mengatasi masalah dan Kelima Hasil dalam manajemen perubahan sistem pendidikan di pondok pesantren Tamamut Tijaniyah pada Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mendapati: Perencanaan Manajemen Perubahan Sistem Pendidikan telah di tetapkan sejak pimpinan kedua dengan sistem pesantren kombinasi antara unsur tradisional dan modern, Pelaksanaan Manajemen Perubahan sistem pendidikan Pondok pesantren ini mempertahankan unsur-unsur tradisional dan menambahkan unsur pesantren modern, Masalah dalam perubahan sistem pendidikan pesantren pada Era Revolusi Indsutri 4.0 adalah: Minimnya Sarana Prasarana Teknologi, Kurangnya SDM, Rendahnya minat santri terhadap Ilmu Pengetahuan Umum, Berkurangnya waktu sorogan & waktu ngaji kitab kuning, Guru atau pengajar yang belum menguasai penggunaan Teknologi, Cara mengatasi masalah diatas yakni dengan meminjam alat-alat teknologi yang dibutuhkan ke sekolah pusat, guru/ustadz dari dalam pesantren menggantikan mata pelajaran yang kosong, memberikan pelajaran dengan semenarik mungkin, memindahkan jadwal sorogan al-qur’an setiap ba’da dzuhur dan ba’da maghrib, dan pesantren memasukan pelajaran kitab kuning ke dalam pelajaran sekolah, serta pimpinan merekrut guru ahli computer. Hasil perubahan yakni: Perubahan Kurikulum, Perubahan Struktur Organisasi, Perubahan Teknologi, Perubahan Tata Fisik Berupa Sarana dan Prasarana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Perubahan, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah, Unsur-unsur pesantren, Era Revolusi Industri 4.0, Digitalisasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 09 Aug 2023 04:03 |
Perubahan Terakhir: | 09 Aug 2023 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12901 |
Actions (login required)
Lihat Item |