Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Serang

Mailinda, Vera (2023) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250025_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (882kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Teks
S_MPI_191250025_Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Sarana prasarana merupakan bagian penting dalam sebuah pendidikan guna menunjang proses belajar mengajar. Salah satu faktor keberhasilan itu adalah kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan dan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu diharapkan agar semua madrasah mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik, maka semua fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap paai pada saat dibutuhkan, sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk menganalisis perencanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs Negeri 2 Kota serang; 2) untuk menganalisis pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs negeri 2 Kota serang; 3) untuk menganalisis mutu pendidikan di MTs Negeri 2 kota serang; 4) untuk menganalisis faktor penghambat dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana di MTs Negeri 2 kota serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek penelitian secara verbal melalui data yang telah terkumpul dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi, serta mengadakan wawancara/tanya jawab untuk mendapatkan informasi - informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dengan pihak -pihak yang kompeten dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah dengan hasil olah pikir yang logis baru kemudian disajikan dalam bentuk tulisan baku. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : manajemen sarana dan prasarana pendidikan diMTsNegeri 2 kota serang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan(pengadaan, invetarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan), langkah- langah dalam perencanaan meliputi analisis kebutuhan, dana, penetapan skala prioritas dan penyusunan rencana pengadaan. Kendala yang dihadapi antara lain berkaitan dengan pembiayaan dan kesadaran siswa untuk merawat sarana dan prasarana yang ada. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana maka Mutu pendidikan dapat dilihat dari proses perencanaan pembelajaran,dimana perencanaan pembelajaran menyiapkan perangkat pembelajaran akan menghasilkan lulusan yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, sarana dan prasarana, Mutu pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Aug 2023 08:27
Perubahan Terakhir: 08 Aug 2023 08:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.