Penerapan Metode TQ (Team Quiz) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII (PTK di SMP N 2 Waringinkurung)

Herlina, Herlina (2023) Penerapan Metode TQ (Team Quiz) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII (PTK di SMP N 2 Waringinkurung). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210170_Cover.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210170_Lampiran Depan.pdf

Download (476kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210170_BAB I.pdf

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210170_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_PAI_191210170_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
S_PAI_191210170_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210170_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210170_Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah kuruangnya metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran masih tergolong rendah hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Dan kurangnya maksimal dalam penerimaan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP N 2 Waringinkurung Kabupaten Serang melalui penggunaan metode TQ (Team Quiz) pada pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VIII di SMP N 2 Waringinkurung Kabupaten Serang dengan jumlah siswa 24 orang. Dalam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga siklus dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan. Berdasarkan hasil penelitian selama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa adanya peningkatan dari pengunaan metode TQ (Team Quiz) pada pelaksanaan pembelajaran yang menunjukan hasil belajar siswa meningkat, ini dapat terlihat dari hasil persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal yang telah diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu ≤ 73% pada siklus 1 persentase siswa yang telah mencapai keriteria ketuntasan minimal sebesar 45,83% kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 87% dan pada siklus 3 menjadi 100%. Jadi, penggunaan metode TQ (Team Quiz) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP N 2 Waringinkurung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Team Quiz, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Aug 2023 08:23
Perubahan Terakhir: 07 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.