Mawaddah, Siti (2023) Penerapan Metode Mastery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Beriman Kepada Hari Akhir (PTK Di Kelas VI SD Negeri Simpang Tiga). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210023_Cover.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210023_Lampiran Depan.pdf Download (383kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210023_BAB I.pdf Download (348kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
||
Teks
S_PAI_191210023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (249kB) |
||
Teks
S_PAI_191210023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (440kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210023_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210023_Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan penerapan metode mastery learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi beriman kepada hari akhir. menjelaskan penerapan metode mastery learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam ketuntasan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi beriman kepada hari akhir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian yang digunakan untuk metode mastery learning. Teknik penilaian dalam materi tersebut menggunakan tes hasil belajar. Pada penelitian ini kelas VI A sebagai kelas yang akan di teliti lebih lanjut untuk mendapatkan hasil dalam ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mastery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil perhitungan tes siklus 1 dan siklus 2 terdapat nilai tuntas pada siklus 1 adalah 16 siswa terdapat persentase 75 % dari 28 peserta didik dan siklus 2 terdapat 25 siswa sangat meningkat pesentasenya yaitu 85.32 % yang tuntas dalam penerapan metode mastery learning ini dari 28 siswa. Dalam hal ini penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas terdapat nilai yang berbeda dari peningkatan hasil tes dalam belajar. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode mastery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Simpang Tiga memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas belajar peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Mastery Learning, Peningkatan Pemahaman, Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Aug 2023 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 07 Aug 2023 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12876 |
Actions (login required)
Lihat Item |