Penerapan Terapi Menulis sebagai Resiliensi Warga Binaan Pemasyarakatan dalam Menjalani Hukuman Penjara (Studi di Rutan Kelas II B Serang)

Nurfahmi, Wina (2023) Penerapan Terapi Menulis sebagai Resiliensi Warga Binaan Pemasyarakatan dalam Menjalani Hukuman Penjara (Studi di Rutan Kelas II B Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_161340137_COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (489kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (241kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (178kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (388kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_BKI_161340137_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstrak

Hukuman penjara mengakibatkan warga binaan mengalami tekanan, kehilangan kebebasan, terpisah dari keluarga, kehilangan pekerjaan, dan ketidakpastian masa depan. Hal yang diperlukan dalam menghadapi kondisi tersebut adalah menumbuhkan resiliensi atau kemampuan untuk bangkit kembali setelah mengalami tekanan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan terapi menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi resiliensi warga binaan pemasyarakatan dalam menjalani masa hukuman penjara di Rutan Kelas IIB Serang? 2) Bagaimana penerapan terapi menulis sebagai resiliensi warga binaan pemasyarakatan dalam menjalani masa hukuman penjara di Rutan Kelas IIB Serang? 3) Bagaimana hasil penerapan terapi menulis sebagai resiliensi warga binaan pemasyarakatan dalam menjalani masa hukuman penjara di Rutan Kelas IIB Serang? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kondisi resiliensi warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Serang 2) untuk menerapkkan terapi menulis sebagai resiliensi warga binaan pemasyarakatan dalam menjalani hukuman pepenjara di Rutan Kelas IIB Serang 3) untuk mendeskripsikan hasil penerapan terapi menulis sebagai resiliensi warga binaan pemasyarakatan untuk menjalani hukuman penjara di Rutan Kelas IIB Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2021 hingga Juni 2021, dengan jumlah responden lima orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Kondisi resiliensi kelima responden berbeda-beda, aspek yang perlu ditingkatkan adalah aspek efikasi diri, reaching out, causal analysis dan optimisme 2) Terapi menulis dilakukan sebanyak empat tahapan, yaitu Recognition (tahap pembuka), Examination (tahap eksplorasi), Juxtapsition (tahap refleksi), dan Application to the self (tahap evaluasi dan penerapan). 3) Hasil penerapan terapi menulis kelima responden (NN, RF, FA, BC, MAD) dapat mengembangkan resiliensi pada aspek optimisme dan aspek reaching out, responden NN dan RF dapat berupaya meningkatkan aspek self-efficacy meskipun belum begitu baik karena dipengaruhi faktor kondisi keluarga, perubahan aspek causal analysis pada responden FA dan BC ditandai dengan pernyataan sudah mulai menyadari kesalahannya dan menerima hukuman

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I :Dr. Masykur, M.Hum Pembimbing II :Iwan Kosasih, S. Kom., M. Pd
Kata Kunci (keywords): warga binaan pemasyarakatan, terapi menulis, resiliensi
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 07 Aug 2023 06:56
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12874

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.