Analisis Strategi Coping Santri dalam Mengatasi Stres Belajar Ilmu Nahwu Melalui Metode Tamyiz (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Madany Cipanas Lebak Banten)

Kamalia, Ghina Infitah (2023) Analisis Strategi Coping Santri dalam Mengatasi Stres Belajar Ilmu Nahwu Melalui Metode Tamyiz (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Madany Cipanas Lebak Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.01.pdf

Download (377kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (457kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (303kB)
[img] Teks
BAB IV baru.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (423kB)
[img] Teks
BAB V new1.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (228kB)
[img] Teks
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Santri memiliki tugas penting untuk bisa membaca kitab kuning yang dapat dicapai dengan mempelajari ilmu nahwu. Santri masih kesulitan mempelajarinya, untuk memudahkan santri mempelajari ilmu nahwu, penting untuk memiliki sebuah metode, salah satunya metode Tamyiz. Pembelajaran ilmu nahwu pada metode tamyiz di Pondok Pesantren Nurul Madany merupakan program intensif dengan target pintar membaca kitab kuning dalam waktu 3 bulan, sehingga banyak santri yang stres. Untuk mengatasi stress, maka akan terjadi suatu proses penyesuaian terhadap situasi tersebut disebut sebagai strategi Coping. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi Coping yang digunakan santri untuk mengatasi stres belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz? 2) Bagaimana hasil analisis strategi Coping yang digunakan santri untuk mengatasi stres belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat santri dalam belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi Coping yang digunakan santri untuk mengatasi stres belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz. 2) Untuk mengetahui hasil dari analisis strategi Coping yang digunakan santri untuk mengatasi stres belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat santri dalam belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz. iii Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 santri putra dan 3 santri putri di Pondok Pesantren Nurul Madany. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusion drawing verification yang dilakukan selama 4 bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1 Stres yang dihadapi santri dalam belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz yaitu kesulitan dalam belajar atau sulit dalam memahami materi, sering merasa malas mengikuti pembelajaran, tertekan karena target yang diberikan, tidak fokus dalam menjalani pembelajaran karena faktor jauh dari orangtua, sehingga selalu ingat orangtua ketika belajar, sering merasa sedih jika tidak mampu mencapai target, memiliki kesibukan selain mengikuti pembelajaran metode tamyiz, sulit membagi waktu, mengikuti program pembelajaran metode tamyiz karena keinginan orangtua dan merasa tidak mampu untuk mengikuti pembelajaran. (2) Analisis trategi coping santri dalam mengatasi stres belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz yaitu problem focused coping dengan planful problem solving, konfrontasi serta kompromi dan emotion focused coping dengan seeking social emotional support, accepting responsibility, self control, serta rasionalisasi. (3) Faktor pendukung santri dalam belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz yaitu adanya orang tua santri dan ustadz ustadzah yang selalu memotivasi mereka agar tetap semangat, dan pesantren Nurul Madany juga menyiapkan fasilitas yang cukup untuk semua santri. Faktor penghambat santri dalam belajar ilmu nahwu melalui metode tamyiz merasa kesulitan untuk mencapai target pembelajaran, kurangnya rasa sabar dan motivasi dari diri santri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr. Hunaenah Pembimbing II: Iwan Kosasih, M.Pd
Kata Kunci (keywords): Strategi Coping, Stres
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 03:41
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.