Analisis Hubungan Pelayanan Klaim Asuransi Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Banten

Afifah, Divia Nurul (2023) Analisis Hubungan Pelayanan Klaim Asuransi Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430003_COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (748kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (427kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
S_AS_191430003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstrak

Terciptanya pelayanan yang baik akan menciptakan kepuasan terhadap pasien, sehingga ada hubungannya antara pelayanan dengan kepuasan pasien. Permasalahan penting yang berkaitan dengan kepuasan pasien yang perlu diperhatikan oleh rumah sakit adalah pelayanan dengan indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang diberikan petugas kesehatan kepada pasien sehingga tercipta kepuasan pasien. Saat ini masyarakat pengguna jasa rumah sakit tidak hanya mementingkan hasil akhir saja, berupa kesembuhan dirinya atau keluarga semata, tetapi mereka sudah menilai apa yang mereka lihat dan rasakan saat dirawat inap. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hubungan pelayanan klaim asuransi jaminan kesehatan nasional terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Banten.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan pelayanan klaim asuransi jaminan kesehatan nasional dengan kepuasan pasien rawat inap RSUD Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang pasien rawat inap. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, data primer terdapat dari hasil kuesionner dan observasi, data sekunder didapat dari buku-buku, jurnal, penelitian terdahulu yang relevan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kolerasi spearman’s rho. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada 50 responden dilakukan uji analisis data menggunakan uji korelasi spearman’s rho dengan hasil ρ value 0,000 ≤ α = 0,05 dan diperoleh nilai kooefisien korelasi = 0,963 terhadap kepuasan pasien, artinya kekuatan hubungan antara kedua variable sangat kuat. Hubungan pelayanan klaim asuransi jaminan kesehatan nasional dengan kepuasan pasien rawat inap dapat dinyatakan Ho ditolak atau ada hubungan yang signifikan antara pelayanan klaim asuransi jaminan kesehatan nasional dengan kepuasan pasienrawat inap RSUD Banten, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa ada hubungan pelayanan klaim dengan kepuasan pasien.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pelayanan Klaim dan Kepuasan Pasien
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 02:18
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.