Implementasi Pendidikan Karakter Pada Santri Di Pondok-pesantren Tahfidz AL-Qur’an Terpadu Baiturohim Citraland Kota Serang

Rohati, Siti (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Santri Di Pondok-pesantren Tahfidz AL-Qur’an Terpadu Baiturohim Citraland Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210121_Cover.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_Lampiran Depan.pdf

Download (656kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (189kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (699kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Teks
S_PAI_181210121_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang sangat penting dalam pembentukan karakter santri. Pendidikan pesantren memiliki keunikan tersendiri, dimana ada hubungan erat antara santri dan kiayi sebagai hal yang umum dalam dunia pesantren. Hubungan erat tersebut ditandai dengan keteladan santri pada kiayi dan musyrifah dalam kegiatan sehari-hari sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter yang efektif untuk dilaksanakan. Selain itu pendidikan karakter juga dilaksanakan dengan pembiasaan melalui jadwal harian santri yang wajib diterapkan dengan baik, dan adanya pembelajaran akhlak melalui kajian kitab-kitab akhlak seperti: Aqidatul Awam, Akhlak Lil Banin/Banat, Biayatul Hidayah, dan Ta’lim Muta’alim. Pertanyaan penelitian pada skripsi ini ialah: (1) Bagaimanakah implementasi nilai dasar pendidikan pada santri di Pondok-Pesantren Tahfidz Al-Qur’anterpadu Baiturohim Citraland kota Serang?, (2) Metode apakah yang digunakan dalam penerapan nilai-nilai karakter pada santri di Pondok-Pesantren Tahfidz Al- Qu’an terpadu Baiturohim Citraland Kota Serang?, (3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok-pesantren Tahfidz Al-Qur’an terpadu Baiturohim Citraland kota Serang? Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan: (1) implementasi nilai dasar Pendidikan karakter pada santri di Pondok-pesantren Tahfidz Al-Qur’an terpadu Baiturohim Citraland Kota serang, (2) metode yang digunakan dalam penerapan nilai-nilai karakter pada santri di Pondok-Pesantren Tahfidz Al-Qu’an terpadu Baiturohim Citraland Kota Serang, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok-pesantren Tahfidz Al-Qur’an terpadu Baiturohim Citraland kota Serang. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder, metodologi penelitian menggunakan desktiptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi nilai pendidikan karakter terhadap Tuhan yaitu karakter iman dan taqwa dan ikhlas, karakter terhadap manusia yaitu karakter pada diri sendiri dan keluarga. 2) Metode yang digunakan dalam implementasi nilai pendidikan karakter terhadap Allah dan manusia yaitu dengan keteladanan, pembiasaan, nasihat atau peringatan, dan cerita. 3) faktor-faktor yang digunakan dalam mempengaruhi nilai pendidikan karakter yaitu faktor intern: insting atau naluri, adat atau, serta keturunan, dan faktor ekstern: pendidikan dan lingkungan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan karakter, Santri, Pondok-pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 02:00
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.