Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Diskusi (PTK di SDN Gunungsari 3)

Anwar, Dian (2023) Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Diskusi (PTK di SDN Gunungsari 3). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240104_Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_Lampiran Depan.pdf

Download (498kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240104_Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstrak

Kegiatan membaca tidak lain dari kemampuan seseorang untuk memahami makna bacaan secara menyeluruh, atau yang disebut kemampuan membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan proses intelektual yang kompleks yang mencakup dua kemampuan utama, yaitu penguasaan makna kata dan kemampuan berpikir tentang konsep verbal. Kemampuan membaca pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia terjadi pada siswa kelas V SDN Gunungsari 3 masih rendah. Hal ini dicirikan dengan kemampuan apresiasi pada bahan bacaan yang kurang, rendahnya pemahaman terhadap isi bacaan, siswa merasa kesulitan dalam memahami makna yang terkandung dalam bacaan serta minat dan motivasi membaca siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pemahaman membaca siswa pada pembelajaran tematik bahasa Indonesia di kelas V SDN Gunungsari 3 dan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap peningkatan kempuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik bahasa Indonesia di kelas V SDN Gunungsari 3. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Menurut kemmis dan mc taggart oleh sebab itu metode penelitin yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode diskusi dan Membaca pemahaman siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Aug 2023 07:08
Perubahan Terakhir: 03 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.