Implementasi Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG) pada Dana Pensiun PT. Taspen (Persero) Cabang Serang

Maulani, Yati Rucyati (2023) Implementasi Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG) pada Dana Pensiun PT. Taspen (Persero) Cabang Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430010_Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Lampiran Depan.pdf

Download (719kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Bab I.pdf

Download (500kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (344kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (173kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (276kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Bab V.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_AS_191430010_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di PT.Taspen (Persero) Serang untuk mengetahui tata kelola Dana Pensiun dan pengelolaan Dana Pensiun apakah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG) serta untuk memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai pentingya dana pensiun dan baiknya pengelolaan dana pensiun di PT.Taspen. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Apakah pengelolaan Dana Pensiun di PT.Taspen (Persero) Cabang Serang sesuai dengan pilar-pilar Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG)? 2). Bagaimana implementasi tata kelola Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG) pada PT.Taspen (Persero) Cabang Serang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui apakah pengelolaan Dana Pensiun di PT.Taspen (Persero) Cabang Serang sesuai dengan prinsip-prinsip Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG)? 2). Untuk mengetahui pelaksanaan tata kelola Good Islamic Pension Fund Governance (GIPFG) pada PT.Taspen (Persero) Cabang Serang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana metode ini harus mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau insetting sosial yang akan dituangkan dalam tulisan berbasis naratif. Penulisan kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol fenomena melalui kumpulan data terfokus. Kesimpulanya pengelolaan dana pensiun terdapat prinsip-prinsip pengelolaan yang diterapkan pada PT.Taspen (Persero) Cabang Serang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Good Islamic Pension Fund Governance yaitu dimana dimana PT.Taspen (persero) cabang Serang hanya memiliki tiga prinsip dari enam prinsip yang ada dalam GIPFG. Implementasi prinsip-prinsip Good Islamic Pensiun Fund Governance pada PT.Taspen (persero) cabang Serang yaitu: 1). Sistem Internal Kontrol dan Manajemen Risiko Pada Dana Pensiun 2). Peran auditor eksternal yang luas 3). Peningkatan sistem trasnparasi dan manjaga kualitas pelayanan terhadap nasabah dana pensiun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dana Pensiun, Good Islamic Pension Fund Governance, PT. Taspen (Persero) Cabang Serang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Aug 2023 06:24
Perubahan Terakhir: 03 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.