Pengembangan Media Corong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian (R & D di Kelas II SDN Pasir Gadung III Kecamatan Cikupa)

Purmahyuni, Siti (2023) Pengembangan Media Corong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian (R & D di Kelas II SDN Pasir Gadung III Kecamatan Cikupa). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240036_COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (467kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (300kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengemabngkan media corong berhitung mata pelajaran matematika, untuk menghasilkan produk media corong berhitung dengan mengetahui kualitas kelayakan produk. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pasir Gadung III kecamatan Cikupa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D), yang merujuk model 4-D (Four D models) menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 4 tahap: Define, Design, Develop, and Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan sampel 15 siswa kelas II SDN Pasir Gadung III. validasi produk dilakukan oleh dosen, kepala sekolah, guru dan uji coba terbatas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada hasil validasi tiap- tiap aspek yaitu aspek isi, memperoleh nilai rata-rata 4,53. Pada hasil aspek tampilan memperoleh nilai rata-rata 4,73 dan pada aspek fungsional memperoleh nilai rata-rata 4,7. Sedangkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor yaitu 4,66 yang artinya ketiga aspek itu sudah mencapai nilai minimal. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media corong berhitung pada materi perkalian bilangan cacah baik digunakan sebagai bahan ajar pendukung untuk guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media, Corong Berhitung, Pembelajaran Matematika
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Aug 2023 04:50
Perubahan Terakhir: 03 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.