Masitoh, Neneng Siti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Pokok Bahasan Energi Listrik (PTK di Kelas VI SD Negeri Sukajaya 1 Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240050_COVER.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240050_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (408kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240050_BAB I.pdf Download (175kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240050_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (211kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240050_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (319kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240050_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (435kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240050_BAB V.pdf Download (151kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240050_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA materi energi lsitrik di SDN Sukajaya 1 Kec Koroncong Kab Pandeglang. Hal ini Disebabkan dalam pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode atau model pembelajaran yang konvensional. Model Pembelajaran Berbasis Proyek suatu pembelajaran di mana peserta didik diminta untuk atau melakukan suatu proyek, dan mempresentasikan hasil proyeknya itu. tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi listrik pada siswa kelas VI SDN Sukajaya 1 Kec Koroncong Kabupaten Pandeglang. 2)Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sukajaya 1 Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang setelah mengikuti pembelajaran berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Listrik. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis Dan MC Taggart yang dilakukan di kelas VI SDN Sukajaya 1 Kec Koroncong Kab Pandeglang, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan hasil belajarn siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 46,25, dengan presentase ketuntasan 12,5%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 56, dengan presentase ketuntasan 37,50%, dan pada siklus II nilai rata rata 71,25 dan presentase ketuntasan 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran berbasis proyek, PTK, Hasil Belajar IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Aug 2023 07:26 |
Perubahan Terakhir: | 02 Aug 2023 07:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12795 |
Actions (login required)
Lihat Item |