Kemampuan Guru Dalam Memahami Konsep Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Deskriptif Kualitatif Studi SDN Ciruas 4)

Mardiana, Mardiana (2023) Kemampuan Guru Dalam Memahami Konsep Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Deskriptif Kualitatif Studi SDN Ciruas 4). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240108_Cover.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240108_Lampiran Depan.pdf

Download (662kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240108_BAB I.pdf

Download (110kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240108_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240108_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240108_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (105kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240108_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240108_Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pemahaman Guru dalam tentang konsep metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Ciruas 4 2). Untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mempengaruhi pemahaman guru tentang konsep SQ3R pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Ciruas 4. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi 4, 5, 6 yang berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: pertama: Pengetahuan Guru dalam konsep metode SQ3R sebagian Guru mengetahui pada konsep SQ3R, Sedangkan pemahaman dalam konsep metode SQ3R setengahnya mampu memahami pada konsep metode SQ3R tersebut. Dan faktor-faktor yang dipengaruhi oleh Guru SDN Ciruas 4 dalam memahami konsep metode SQ3R adalah: Siswa sulit dikondisikan (ramai) saat berdiskusi dengan teman, Guru kesulitan untuk mengatur siswa dalam jumlah banyak, kurangnya konsentrasi siswa dalam memahami isi bacaan, kesulitan dalam memilih metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dengan pengaturan waktu, pendidik merasa kurang pengetahuan yang mendasar mengenai metode SQ3R.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode SQ3R, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 04:52
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.