Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Diriku Subtema Aku dan Teman Baruku Berbasis Budaya Lokal Banten Untuk Kelas I SDN I Banjaririgasi Kab Lebak

Nisa, Wahidatu (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Diriku Subtema Aku dan Teman Baruku Berbasis Budaya Lokal Banten Untuk Kelas I SDN I Banjaririgasi Kab Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240083_Cover.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240083_Lampiran Depan.pdf

Download (514kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240083_BAB I.pdf

Download (326kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240083_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240083_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240083_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240083_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240083_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik berbasis budaya lokal Banten pada siswa Kelas I Sekolah Dasar tema diriku subtema aku dan teman baruku. Yang dilatar belakangi oleh bahan ajar yang masih bersifat sangat umum dan cenderung membahas daerah di luar tempat tinggal siswa sehingga siswa merasa kesulitan memahami materi, dan belum menyisipkan budaya lokal daerah Banten pada materi pelajaran. Materi yang digunakan dalam modul kebudayaan daerah yang ada di Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE dari Dick and Caryy yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil validasi diperoleh dari ahli materi, ahli media, ahli media pembelajaran sebelum revisi yaitu dengan persentase 40% dan setelah ada perbaikan memperoleh 90%. Dan implementasi penggunaan modul mendapatkan penilain positif dari guru dan siswa dan menyatakan bahwa modul “Layak” digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul Pembelajaran Tematik, Budaya Lokal, Banten
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 03:13
Perubahan Terakhir: 05 Jan 2024 07:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.