Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Penerapan Metode Scramble di Kelas III MI Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon

Safitri, Zulmi (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Penerapan Metode Scramble di Kelas III MI Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240020_Cover.pdf

Download (73kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_Lampiran Depan.pdf

Download (415kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (230kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (164kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (185kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240020_Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada pembelajaran bahasa Indonesia. 2. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menerapkan metode scramble pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Kemmis Mc Taggart dengan menggunakan beberapa tahapan yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, dan terakhir Siklus II. Penelitian ini dengan Model Kemmis Mc Taggart terdapat empat kegiatan mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Jauharotunnaqiyyah Priuk Kota Cilegon pada kelas III dengan jumlah sampel 30 siswa/siswi. Pada penelitian ini menggunakan data dari hasil yang dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis karangan narasi pada siswa/siswi kemudian data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode scramble berjalan dengan efektif sesuai rencana. 2. Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi terbukti meningkat ditunjukkan oleh Pra Siklus dengan nilai rata-rata 58,1 dengan ketuntasan 43,33% dan pada Siklus I kemampuan menulis karangan narasi dapat meningkatkan nilai rata-rata 67,7 dengan ketuntasan 60% selanjutnya pada Siklus II ini terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan nilai rata-rata 70,2 dengan ketuntasan 80%. Dengan dekimian dari hasil penelitian diperoleh bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode scramble pada mata pelajaran bahasa Indonesia lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal bagi peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Scramble, Kemampuan Menulis, Karangan Narasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 07:44
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.