Pengembangan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Disleksia (R&D di Kelas 1 dan 2 Sekolah Wildan Kota Serang)

Farida, Farida (2023) Pengembangan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Disleksia (R&D di Kelas 1 dan 2 Sekolah Wildan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_171240047_Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_Lampiran Depan.pdf

Download (798kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240047_Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu yang diuji pada ke 2 peserta didik kelas 1 dan 2 Sekolah Wildan Kota Serang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan / R & D dari model pengembangan S. Thiagarajana. Pengembangan 4 – D memiliki 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan uji coba (disseminate). Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli sebelum melakukan uji coba awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan menggunakan angket validasi, observasi, wawancara singkat dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli mendapatkan rata – rata skor 4,85 artinya rata – rata skor total termasuk valid, pada pengujian I mendapatkan IRR 76% yang berarti produk belum dinyatakan layak kemudian setelah melakukan revisi produk sesuai dengan saran para ahli dilakukan pengujian II dan mendapatkan IRR 100% yang berarti produk sudah layak digunakan dan telah memenuhi target skor minimum yaitu 80%, serta hasil uji efektivitas kedua anak yang mengalami disleksia pada tahap pretest AZ mendapatkan skor 53,8 dan pada tahap posttest AZ mendapatkan skor 100 sedangkan GD pada pretest mendapatkan skor 34.6 dan tahap posttest mendapatkan skor 98.0 maka hasil rata – rata memiliki nilai gain 0.9 yang berarti keefektifan tinggi. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa media kartu mampu mengatasi kesulitan membedakan huruf alfabet pada anak disleksia secara faktual.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Kartu, Kemampuan Membaca dan Anak Disleksia
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 03:52
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 03:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12756

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.