Aryati, Aryati (2023) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Penelitian Kualitatif di TKIT IQRA Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_152600012_Cover.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_152600012_Lampiran Depan.pdf Download (642kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_152600012_BAB I.pdf Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_152600012_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (268kB) |
||
Teks
S_PIAUD_152600012_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (183kB) |
||
Teks
S_PIAUD_152600012_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (249kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_152600012_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_152600012_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan anak usia dini di TKIT IQRA Kota Serang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter anak usia dini di TKIT IQRA Kota Serang. 3) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembentukan karakter anak usia dini di TKIT IQRA Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriitif dengan teknik penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: dalam implementasi metode pembiasaan dalam pembentukan karakter anak usia dini, bagaimana peran guru dalam menerapkan metode pembiasaan sehingga dapat terbentuk karakter anak. Dalam peran guru dalam menerapkan metode pembiasaan ini menjadi sangat penting, apakah guru dapat dengan baik dalam menerapkan hal ini. Di TKIT IQRA ini terdapat 3 kegiatan atau program pembiasaan, yaitu 1. kegiatan rutin seperti mengucapkan dan menjawab salam, shalat dhuha berjamaah dan membaca iqra. 2. Kegiatan spontan seperti merapikan kembali mainan, berbicara yang baik sesama teman atau orang dewasa, dan meminta tolong dengan sopan. 3. Kegiatan keteladan seperti menghafal ayat-ayat dan hadist-hadist pendek, do’a-do’a sehari-hari dan berakhlakul karimah yang baik. Sedangkan, peran guru dalam membentuk karakter anak usia dini yaitu guru sebagai pembimbing, model dan teladan, motivator, konsultan, dan evaluator. Karakter yang harus diterapkan kepada anak yakni karakter religius, jujur, disiplin, percaya diri, peduli, mandiri, kerja keras, bertanggung jawab, dan kreatif. Karakter ini dapat terbentuk dengan baik jika, orang tua dan guru selalu membiasakan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter masing-masing dengan baik dan selalu mengulang-ulangnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Metode Pembiasaan, Pembentukan Karakter Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2023 07:17 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2023 07:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12746 |
Actions (login required)
Lihat Item |