Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Dalam Peningkatan Kemampuan Pra Membaca Anak Dalam Mengenal Profesi Di RA Geredug Pandeglang

Rahayu, Resti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Dalam Peningkatan Kemampuan Pra Membaca Anak Dalam Mengenal Profesi Di RA Geredug Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260018_Cover.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260018_Lampiran Depan.pdf

Download (603kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260018_BAB I.pdf

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_191260018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (529kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (977kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260018_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260018_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Diketahui bahwa media pembelajaran yang di gunakan adalah media pembelajaran buku bacaan sehingga menjadikan anak bosan pada saat proses pembelajaran. Berdassarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah, “Bagaimana pengembangan, kelayakan, dan penggunaan media pembelajaran kartu kata?” Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu kata, kelayakan dan kegunaan media pembelajaran kartu kata dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemantation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data kuantitatif berupa angket atau penilaian dan data kualitatif berupa kritik atau saran terhadap perbaikan media kartu kata. Bersadasarkan penilaian hasil validasi dari ahli media secara keseluruhan mendapatkan presentase sebesar 80% dan dinyatakan “Berkembang Sangat Baik” atau “Layak” digunakan. Dan penilaian hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 92% dan dinyatakan “Berkembang Sangat Baik” atau “Layak” digunakan. Selanjutnya penilaian validassi yang dilakukan oleh guru di RA Geredug memperoleh presentase sebesar 100% dan dinyatakan “Berkembang Sangat Baik” atau “Layak” digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran kartu kata mampu meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga diperoleh dari hasil akhir sebelum menggunakan media pembelajaran kartu kata memperoleh nilai sebesar 56% dan setelah menggunakan media pembelajaran kartu kata memperoleh nilai sebesar 83% dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak dalam mengenal profesi di RA Geredug Pandeglang sangat layak digunakan atau berkembang sangat baik sebagai media pembelajaran anak usia dini di RA Geredug Pandeglang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Kartu Kata, Membaca, Profesi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 07:02
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.