Pemanfaatan Loose Part untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kualittaif di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan Desa Citerep Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten)

Rohmadanika, Desti (2023) Pemanfaatan Loose Part untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kualittaif di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan Desa Citerep Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260061_Cover.pdf

Download (223kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_Lampiran Depan.pdf

Download (843kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (468kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260061_Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Mengetahui pemanfaatan loose part untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan Desa Citerep Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten, (2). Mengetahui langkah-langkah persiapan guru dalam pembelajaran tema dengan menggunakan loose part untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, (3). Mengetahui teknik-teknik penilaian perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun yang guru guanakan dalam pembelajaran tema di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Judul penelitian peneliti yaitu Pemanfaatan Loose Part untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kualittaif di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan Desa Citerep Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten). Hasil penelitian peneliti yaitu: (1). pemanfaatan loose part untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan, PAUD Salsabil sudah memanfaatkan bahan alam dalam pembelajaran tema, bahan alam yang guru gunakan dalam pembelajaran tema seperti daun jambu, wortel, beras, kapas, kunyit, kacang hijau, dan tepung terigu, loose part memiliki banyak jenis salah satu jenis loose part yaitu bahan alam. Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun kelas B di PAUD Salsabil sebagaian besar masuk pada tahap berkembang sangat baik (BSB) dengan menggunakan bahan loose part alam. (2). langkah-langkah persiapan guru dalam pembelajaran tema dengan menggunakan loose part untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan, dapat dilakukan dengan guru menyiapkan RPPH (rencana pembelajaran harian), RPPM (rencana pembelajaran mingguan). guru menyiapkan alat dan bahan media pembelajaran tema, guru menjelaskan tentang tema pembelajaran pada hari itu, guru menjelaskan alat dan bahan yang ingin digunakan anak dalam pembelajaran tema, guru mepersilahkan anak-anak untuk berkerasi membuat sebuah karya dari media yang telah disediakan.(3). Teknik-teknik penilaian perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun yang guru guanakan dalam pembelajaran tema di PAUD Salsabil Kampung Kubangawan dengan mengunakan loose part ada tiga teknik penilaian, yaitu: Skala capai perkembangan anak atau checklist, catatan anekdot dan hasil karya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Loose Part, Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 04:17
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.