Febriyanti, Ade Novi (2023) Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Kelompok B TK Roudhotul Ilmi Kampung Sumur Hejo Kecamatan Cikande Kabupaten Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_171260067_Cover.pdf Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260067_Lampiran Depan.pdf Download (500kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB I.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (474kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (194kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260067_Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak TK Roudhotul Ilmi yang beragam dalam perkembangan motorik halus sehingga masih ada sebagian anak yang belum berkembang motorik halusnya utamanya dilihat melalui kegiatan origami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak dan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat origami Pada Kelompok B usia 5-6 tahun di TK Roudhotul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak TK Roudhotul Ilmi 53% berkembang sesuai harapan dan hanya sedikit yang belum berkembang. Guru sangat berperan untuk keberlangsungan belajar anak di sekolah, peran guru sebagai fasilitator, yang menyediakan alat dan bahan kegiatan, menjadi motivator agar anak mempunyai semangat yang besar di sekolah, selain itu guru sebagai pembimbing anak-anaknya di kelas. Faktor pengembat adakah kurangnya kegiatan, minat anak, dan kesehatan anak. Sedangkan faktor pendukung adalah orang tua dirumah, lingkungan, serta keinginan yang timbul dari masing-masing anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Motorik Halus, Peran Guru, Origami |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2023 03:30 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2023 03:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12726 |
Actions (login required)
Lihat Item |