PENGARUH RAGAM MOTIF BATIK TERHADAP VOLUME PENJUALAN (Studi Griya Batik Banten Bhayangkara Kota Serang)

HARTATI, JUJU (2017) PENGARUH RAGAM MOTIF BATIK TERHADAP VOLUME PENJUALAN (Studi Griya Batik Banten Bhayangkara Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
caver.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (283kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (515kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (367kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Industri kreatif merupakan kumpulan aktivitas terkait dengan penciptaan atau penggunaan ilmu pengetahuan dan informasi untuk menciptakan nilai dan pemecahan masalah dengan cara yang kreatif dengan jalan memanfaatkan warisan budaya, membangun budaya, dan menjaga nilai-nilai budaya sehingga meningkatkan citra bangsa Indonesia. Ide kreatif yang dimiliki dapat mejadi modal dasar untuk berkecimpung di dunia industri kreatif, melalui industri kreatif dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendapatan, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan. Ragam motif batik yang di jual oleh Griya Batik Banten sangat beragam dan menarik. Disamping itu usaha ini dituntut untuk bisa meninjau kembali banyaknya motif batik yang digunakan dapat menarik konsumen serta dikenal masyarakat luas. Karena dengan banyaknya menjual motif batik dapat menarik konsumen. Dengan mengenal ragam motif batik yang ditawarkan, diharapkan konsumen bisa menyukai dan menikmati Batik Banten ini. Sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan volume penjualan pada usaha ini. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apakah ragam motif batik berpengaruh terhadap volume penjualan? 2) Berapa besar pengaruh ragam motif batik terhadap volume penjualan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh ragam motif batik terhadap volume penjualan di Griya Batik Banten. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh ragam motif batik terhadap volume penjualan di Griya Batik Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan uji statistik di antaranya, uji t satu sisi karena diduga ada pengaruh antara ragam motif batik dengan volume penjualan, koefisien korelasi dan koefisien determinasi (R2). Dilengkapi juga dengan studi kepustakaan yakni mencari berbagai sumber referensi seperti buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan. Kesimpulannya, Hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (7,763 > 2,079) dengan demikian bearti H0 ditolak dan Ha diterima,ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ragam motif batik dengan volume penjualan di Griya Batik Banten. setelah dilakukan analisa secara statistik diketahui bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,861 yang artinya hubungan antara ragam motif batik dan volume penjualan sangat kuat. Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,742 hal ini berarti volume penjualan barang dipengaruhi oleh strategi stok produk sebesar 74,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, misalnya pemasaran dan biaya promosi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ragam Motif Batik, dan Volume Penjualan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:28
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.