Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Mahasiswa Semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam (Studi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Saharani, Nira (2023) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Mahasiswa Semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam (Studi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520143_Cover.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_Lampiran Depan.pdf

Download (823kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (634kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
S_BKI_191520143_Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB)

Abstrak

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan lepas dari interaksi sosial dengan sesama. Dikarenakan dengan adanya interaksi akan terjalin suatu komunikasi. Seseorang terkadang sulit melakukan interaksi dikarenakan tidak memiliki kepercayaan dalam dirinya. Percaya diri merupakan sesuatu yang sulit untuk dikatakan secara nyata, tetapi bagi orang yang memiliki rasa percaya diri mereka akan mampu menerima diri sendiri, menerima tantangan atau mencoba suatu hal yang baru meski memiliki kemungkinan salah pasti ada. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sedangkan individu yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, akan memilih menarik diri dari lingkungan dan lebih banyak menjadi diam dalam lingkup tersebut. Dari masalah tersebut penulis merumuskan dua masalah yaitu 1) Apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam? 2) Seberapa besar hubungan antara variabel kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam? Sehingga penulis melakukan penelitian “Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam” (Studi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam serta seberapa besar hubungan yang terjalin antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif korelasional, yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara satu atau lebih. Populasi dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa semester IV Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dengan mengambil sampel sebanyak 67 responden. Teknik pengambilan sampel yakni dengan teknik sampel random sampling dengan menyebarkan angket kepercayaan diri dan interaksi sosial. Hasil dari uji korelasi product moment dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden diperoleh rxy = 0,801, nilai rtabel sebesar 0,2404 dengan hasil sig. 0,000 < 0,05 yang berarti rxy lebih besar dari pada rtabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial. Dari analisis tersebut, terdapat hubungan yang sangat kuat dengan memperhatikan hasil rxy =0,801 yang berada pada kisaran 0,80 – 0,100.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial, Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Jul 2023 04:36
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.