Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Santri (Studi PTBK pada Santriwati Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka, Serang)

Kholisoh, Siti (2023) Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Santri (Studi PTBK pada Santriwati Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka, Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520025_Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_Lampiran Depan.pdf

Download (976kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (278kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (206kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (549kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Teks
S_BKI_191520025_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Interaksi sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat sekitar. Interaksi sosial juga sangat dibutuhkan di lingkungan pondok pesantren. Di Pondok Pesantren Fajrul Karim terlihat beberapa santri di kelas kurang peduli terhadap teman sebayanya seperti jarang sekali saling bertegur sapa, tidak saling berjabat tangan ketika saling bertemu dan kurangnya komunikasi atau bercakap-cakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial santri pada santri putri kelas 9 di Pondok Pesantren Fajrul Karim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling di Pondok Pesantren Fajrul Karim sebagai pelaksana layanan. Informan penelitian ini adalah 11 santri putri kelas 9. Prosedur penelitian dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklusnya memuat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus satu pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pemimpin kelompok masih terdapat kekurangan, ada beberapa tahapan layanan bimbingan kelompok yang belum terpenuhi. Pada hasil observasi dan Laiseg anggota kelompok yang belum komunikatif, masih meniru pendapat teman, tidak saling memberi tanggapan dan kurang bekerja sama dan rata-rata masalah yang teratasi sebanyak 30%-49% dengan jumlah 5 orang. Pada pelaksanaan tindakan siklus II ini mengalami peningkatan baik dari konselor maupun anggota kelompok. Terlihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan kepada pemimpin kelompok dan anggota kelompok dan hasil wawancara setelah tindakan dan analisis Laiseg (Penilaian Segera) rata-rata masalah yang teratasi sebanyak 75%-94% dengan jumlah 9 orang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial, Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Jul 2023 03:35
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.