Konseling Rational Emotive Behavior Therapy pada Santri Mahasiswa Yang Mengalami Kecemasan Belajar Kitab Al-Miftah (Studi di Pondok Pesantren Daar El Rahmah Sumurpecung Kota Serang)

Nurfitry, Ramadhania (2023) Konseling Rational Emotive Behavior Therapy pada Santri Mahasiswa Yang Mengalami Kecemasan Belajar Kitab Al-Miftah (Studi di Pondok Pesantren Daar El Rahmah Sumurpecung Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520166_Cover.pdf

Download (242kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (532kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Teks
S_BKI_191520166_Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstrak

Santri di pondok pesantren diharuskan mengikuti pembelajaran kitab kuning, salah satu program pembelajaran yang terdapat di Pondok Pesantren Daar El Rahmah untuk membaca kitab kuning yaitu kitab Al-Miftah. Karena terdapat beberapa santri mahasiswa yang tidak berlatar belakang pondok pesantren maka beberapa santri mahasiswa mengalami kecemasan dalam belajar kitab Al-Miftah. Oleh karena itu, untuk mengatasi kecemasan belajar kitab Al-Miftah pada santri mahasiswa di Pondok Pesantren Daar El Rahmah salah satunya yaitu dengan menerapkan konseling Rational Emotive Behavior Therapy yang diharap dapat membantu santri mahasiswa agar bisa mengatasi kecemasan belajar kitab Al-Miftah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan (action research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi kecemasan belajar kitab Al-Miftah pada santri mahasiswa di Pondok Pesantren Daar El Rahmah dan untuk mengetahui bagaimana proses konseling Rational Emotive Behavior Therapy pada santri mahasiswa yang mengalami kecemasan belajar kitab Al-Miftah di Pondok Pesantren Daar El Rahmah. Hasil dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan penerapan konseling Rational Emotive Behavior Therapy dengan menggunakan teknik dispute kognitif yang dilakukan kepada tiga santri mahasiswa sebagai responden melalui tiga kali pertemuan dengan tiga tahap disetiap pertemuannya. Tahap pertama sebagai pembuka yaitu asesmen terhadap masalah pikiran irasional klien dan proses penyadaran konseli tentang irasional dan penguatan bahwa konseli memiliki potensi untuk berubah, tahap kedua sebagai inti yaitu proses merubah pikiran irasional dan implementasi teknik konseling dan tahap ketiga sebagai penutup yaitu dengan proses pengembangan filosofi hidup rasional. Diperoleh dari layanan konseling, yakni tiga responden tersebut mengalami kecemasan belajar kitab Al-Miftah yang termasuk dalam kategori kecemasan sedang dan berubah menjadi kecemasan berat ketika hendak dilaksanakannya ujian kitab Al-Miftah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Rational Emotive Behavior Therapy, Santri Mahasiswa, Kecemasan Belajar
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Jul 2023 08:33
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.