Aliyya, Zahro Shidqin (2023) Pemberdayaan Soft Skill pada Komunitas Forum Anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Krendang (Participatory Learning Action di Kelurahan Krendang Kecamatan Tambora Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_191530036_Caver.pdf Download (14kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_191530036_Lampiran depan.pdf Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_191530036_BAB I.pdf Download (313kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_191530036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (545kB) |
||
Teks
S_PMI_191530036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (505kB) |
||
Teks
S_PMI_191530036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (598kB) |
||
|
Teks
S_PMI_191530036_BAB V.pdf Download (80kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_191530036_Daftar Pustaka.pdf Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_191530036_LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (745kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Karakter yang baik harus ditanamkan sejak usia dini kepada anak-anak Indonesia, karena di era digital ini, banyak anak-anak yang sudah terkena virus gadget. Seharusnya sejak usia dini anak-anak masih harus bersosialisasi atau bermain dengan teman sebaya nya, bermain permainan seperti permainan tradisional atau sejenis lainnya, sehingga anak dapat mengasah otak serta komunikasinya. Hal itu dapat mempengaruhi perkembangan pertumbuhan anak sejak usia dini. Oleh karena itu, dengan dibentuknya komunitas Forum Anak oleh pemerintah di RPTRA Krendang dapat menjadi suatu wadah terbentuknya perkembangan pertumbuhan anak. Tujuan dari kegiatan pelatihan soft skill: (1) Memberikan pelatihan musikalisasi puisi kepada Forum Anak, (2) Memberikan pelatihan public speaking kepada Forum Anak. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Learning and Action yaitu pendekatan pemberdayaan yang melibatkan tahap pembelajaran melalui diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta focus grup discussion (FGD). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil kegiatan pendampingan yaitu: Pertama, Subjek dampingan dapat memahami cara berbicara di depan umum, mampu mengasah bicara ketika sedang berbicara di depan orang lain, menumbuhkan serta meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak ketika memperkenalkan diri dan bercerita di depan orang banyak. Kedua, Subjek dampingan dapat membaca puisi, subjek dampingan dapat memahami seni berpuisi melalui musikalisasi puisi
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Dr. Akrom, S.Ag., M.Si Pembimbing II Hj. Azizah Alawiyyah, B.Ed, MA |
Kata Kunci (keywords): | Forum Anak, Krendang, RPTRA, Pemberdayaan anak-anak, Soft Skil |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Jul 2023 05:21 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 06:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12616 |
Actions (login required)
Lihat Item |