Peran Pokmas (Kelompok Masyarakat) dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKEL) (Studi Kasus di Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon)

Yulianingsih, Asri (2023) Peran Pokmas (Kelompok Masyarakat) dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKEL) (Studi Kasus di Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
Keaslian Depan.pdf

Download (388kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (206kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (586kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (275kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
lampiran.pdf

Download (770kB)

Abstrak

Pokmas memiliki peran penting dalam meningkatkan sarana lingkungan warga. Pokmas melaksanakan kegiatan swakelola masyarakat dari hibah APBD Kota Cilegon untuk melaksanakan pembangunan kontruksi sederhana yang nantinya diserahkan kepada masyarakat. Kelurahan Kedaleman membentuk pokmas sebagai media penyampaian harapan, pikiran dan tujuan yang terangkum dan tertampung, berkumpul dan mendiskusikan pikiran, di dalam sebuah forum dan akan dilaksanakan dalam aksi nyata lewat kerjasama dengan kelompok masyarakat terutama dalam hal pembangunan. Karenanya pokmas sebagai bentuk implementasi Kelurahan Kedaleman yang berperan dalam pembangunan sarana lingkungan warga dengan mengelola dana pembangunan wilayah kelurahan. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana peran Kelompok Masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan di Kelurahan Kedaleman ?, 2). Apa saja tahapan yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kelurahan Kedaleman ?, 3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Kelompok Masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Kedaleman ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui tahapan pokmas dalam melaksanakan program pembangunan di Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, 2). Untuk mengetahui sejauh mana peran pokmas di Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon dalam pemberdayaan pembangunan, 3). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung program pokmas dalam pembangunan di Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari apa yang diteliti. Sedangkan pengumpulan datanya mengggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kegiatan pembangunan lingkungan masyarakat yang dilakukan oleh pokmas Kelurahan Kedaleman berdampak tidak hanya pada kehidupan bermasyarakat, namun juga kondisi lingkungan sekitar seperti perekonomian dan kesehatan masyarakat desa. Adanya kegiatan kelompok masyarakat ini sebagai aspek penengah antara keterbelakangan yang menjadi lebih berdaya dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun tahapan yang digunakan dalam menjalankan program yaitu tahap persiapan, tahap assesment, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,tahap evaluasi dan tahap terminasi. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam menjalankan program adalah adanya kerjasama dengan Tim KOTAKU dan keterlibatan masyarakat. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu terjadinya perubahan lokasi, kewenangan pokmas dan anggran. Kata Kunci : Pokmas (Kelompok Masyarakat), Pemberdayaan Masyarakat, pengelolaan dana kelurahan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pokmas (Kelompok Masyarakat), Pemberdayaan Masyarakat, pengelolaan dana kelurahan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Jul 2023 05:22
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.