Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMPN 1 Muncang Kabupaten Lebak

Bahiyah, Ayang Faridatul (2023) Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMPN 1 Muncang Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_171250042_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_Lampiran Depan.pdf

Download (758kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (465kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Teks
S_MPI_171250042_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstrak

Kepemimpinan visioner menekankan bahwa keberadaan visi sangat penting bagi organisasi yang ingin mewujudkan organisasi yang efektif dan kompetitif. Kekuatan kepemimpinan menghasilkan berbagai kebijakan dan operasionalisasi kerja yang dibimbing oleh visi organisasi. Sebuah organisasi yang ingin maju dan kompetitif harus mempunyai visi yang jelas, dipahami oleh seluruh anggota organisasi. Uraian tersebut menjadi penjelas bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya kinerja guru. Dari hal tersebut yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana tingkat ketercapaian kepemimpinan visioner kepala sekolah, bagaimana tingkat ketercapaian kinerja guru, dan bagaimana pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 1 Muncang Kabupaten Lebak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kepemimpinan visioner kepala sekolah, untuk mengetahui tingkat ketercapaian kinerja guru, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 1 Muncang Kabupaten Lebak. Manfaat teoritis dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan landasan dalam mengimplementasikan kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian adalah seluruh populasi yaitu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket/kuisioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial, dari perhitungan menggunakan rumusan regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan: pertama, kepemimpinan visioner kepala sekolah secara rata-rata ada pada taraf baik mencapai 78%; kedua, kinerja guru secara rata-rata ada pada taraf baik mencapai 73%; ketiga, dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel pada α = 0, 05 dan derajat kebebasan 16, yakni 3,83 >1,71. Korelasi antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan kinerja guru 39% ini berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kedua variabel tersebut, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Jun 2023 02:15
Perubahan Terakhir: 22 Jun 2023 02:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.