Khairunnisa, Wuldi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (R&D di Kelas IV Math'laul Huda). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240044_Cover.pdf Download (34kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240044_Lampiran Depan.pdf Download (355kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240044_BAB I.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240044_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (459kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240044_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (445kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240044_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (844kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240044_BAB V.pdf Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240044_Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengahsilkan produk lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV di SD/MI, kelayakan lembar kerja peserta didik, serta dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan proses sains dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall melalui lima tahapan diantaranya, penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validitas, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasisi Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada materi bagian -bagian tumbahan. Bahan ajar lembar kerja peserta didik memperoleh persentase dari ahli materi 88% kategori sangat layak, ahli media 90% kategori sangat layak, guru kelas IV MI Mathlaul Huda 92% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik dari uji coba produk memperoleh persentase 97% dengan kategori sangat layak, serta hasil pre-test sebelum menggunakan lembar kerja peserta didik eksperimen nilai rata-rata kelas 73 dan hasil post-test setelah menggunakan lembar kerja peserta didik eksperimen nilai rata-rata 90. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains sangat layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan LKPD, Eksperimen |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2023 03:42 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2023 03:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12583 |
Actions (login required)
Lihat Item |