Safitri, Via (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Hitung Penjumlahan Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240010_COVER.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240010_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (626kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240010_BAB I.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240010_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (267kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240010_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (400kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240010_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (662kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240010_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240010_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan dan menghasilkan produk media pembelajaran Papan Hitung Penjumlahan bilangan cacah pada materi penjumlahan bilangan cacah di kelas 1 SDN Pejaten 1 Kramatwatu Serang. Pada saat observasi peneliti menemukan permasalahan yaitu peserta didik kurang mampu memahami materi karena merasa bosan dengan media yang digunakan dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik agar termotivasi dan mampu menyerap materi dengan maksimal. Hal ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media yang tersedia dan kurang menarik untuk mengajarkan operasi hitung penjumlahan bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Pengembangan model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pengembangan model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Peneliti menggunakan dua langkah uji coba dalam satu waktu dengan melibatkan 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, media papan hitung penjumlahan melalui serangkaian uji coba, serta validasi dari para ahli dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase penilaian ahli media 91,25% termasuk kategori “sangat layak” dan persentase dari ahli materi 96,25% termasuk kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji coba terhadap media pembelajaran papan hitung penjumlahan, dapat dilihat dari hasil penilaian angket respon siswa adalah 100% (kelompok kecil) dan 96,95% (kelompok besar). Angket respon selanjutnya adalah angket respon guru. Hasil penilaian angket respon oleh guru kelas 1 terhadap media pembelajaran papan hitung penjumlahan mencapai 100%, sehingga hasil tersebut termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil skor tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran papan hitung penjumlahan dapat direpresentasikan sebagai media yang menarik dan sangat baik untuk pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan cacah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Media Papan Hitung Penjumlahan, Penjumlahan Bilangan Cacah, Siswa Sekolah Dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2023 03:06 |
Perubahan Terakhir: | 20 Jun 2023 03:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12582 |
Actions (login required)
Lihat Item |