Penggunaan Metode Lauhun Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa ( PTK di Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Pandeglang Banten)

Zulfatuzzakiyyah, Sitti (2023) Penggunaan Metode Lauhun Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa ( PTK di Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210134_Cover.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_Lampiran Depan.pdf

Download (491kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (427kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (420kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_PAI_191210134_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penggunaan metode lauhun pada hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Mathala’ul Anwar Pusat Menes. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil hafalan Al-Qur’an siswa melalui metode lauhun di MTs Mathala’ul Anwar Pusat Menes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi tindakan guru dan siswa, dokumentasi, dan tes penilaian hafalan Al-Qur’an siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode lauhun pada program hafalan Al-Qur’an dapat terlaksana dengan baik. Hafalan Al-Qur’an pada siswa melalui metode lauhun mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penilaian hafalan siswa dari pra siklus hingga siklus II. Nilai hasil rata-rata pada pra siklus yaitu 33, pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 57, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 75. Selain itu, hasil presentase ketuntasan hafalan Al-Qur’an siswa pada pra siklus memiliki presentase 27%, siklus I memiliki presentase 64%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 75%. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode lauhun pada hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Mathla’ul Anwar Pusat Menes memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas menghafal siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an; Hafalan Siswa; Menghafal; Metode Lauhun
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Jun 2023 03:27
Perubahan Terakhir: 19 Jun 2023 03:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.