Konseling Islam dengan Metode Dzikir untuk Menangani Remaja Akhir yang Mengalami Stres (Studi Kasus Kerja di Kampung Kejambulan Desa Gosara Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten)

Rizkiah, Nikmah (2023) Konseling Islam dengan Metode Dzikir untuk Menangani Remaja Akhir yang Mengalami Stres (Studi Kasus Kerja di Kampung Kejambulan Desa Gosara Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520054_COVER.pdf

Download (317kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (731kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (632kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Teks
S_BKI_181520054_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB)

Abstrak

Setiap manusia pasti memiliki banyak permasalahan didalam hidupnya yang kini dijalani. Stres hampir dialami oleh semua orang terutama pada usia remaja, Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berfikir dan kondisi seorang karyawan, dalam hal ini tekanan tersebut disebabkan oleh lingkungan pekerjaan tempat karyawan tersebut bekerja Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiman kondisi psikologis remaja akhir yang mengalami stress kerja di kampung kejambulan? 2) Bagaimana penerapan terapi zikir pada remaja akhir yang mengalami stress kerja di kampung kejambulan? 3) Bagaiman hasil penerapan terapi zikir untuk menangani remaja akhir yang mengalami stress kerja di kampung kejambulan?. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kondisi psikologis remaja yang mengalami stress kerja di kampung kejambulan, 2) Untuk mengetahui terapi penerapan zikir untuk menangani remaja akhir yang mengalami stress kerja di kampung kejambulan, 3) Untuk mengetahui hasil penerapan terapi zikir untuk menangani remaja akhir yang mengalami stress kerja di kampunh kejambulan. Metode yang digunakan adalah kualitatif-penelitian dengan menggunakan metode tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada Mei 2022 sampai Agustus 2022, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 4 orang remaja yang mengalami stress kerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kondisi psikologis yang dialami oleh 4 responden adalah 1) sedih, cemas, mudah marah, rambut sering rontok, berat badan menurun, tertekan, tidak bisa menerima keadaan. 2) Adapun tahapan pelaksanaannya menggunakan terapi Dzikir dengan teknik relaksasi. 3) Hasil penerapan terapi dzikir dalam mengatasi remaja akhir yang mengalami stres kerja dapat disimpulkan bahwa keempat responden sudah mengalami perubahan yakni sudah mulai menerima keadaan, sudah merasa lebih tenang dibandingkan sebelumnya dan dapat kembali berfikir positif untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Islam, Terapi Dzikir, Stres kerja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Jun 2023 07:57
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.