Suciawati, Suciawati (2023) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Konsep Peta Dengan Menggunakan Metode Inquiry Terbimbing (PTK di Kelas IV SDN Bunar II Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240080_Cover.pdf Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240080_Lampiran Depan.pdf Download (580kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240080_BAB I.pdf Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240080_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (313kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240080_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (344kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240080_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (391kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240080_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240080_Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode inquiry terbimbing, dan meningkatkan pemahaman konsep peta pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry terbimbing mampu meningkatkan pemahaman siswa pada konsep peta. Berdasarkan data siklus I pemahaman konsep peta pada siswa yang dinilai dengan penugasan sesuai indikator yang digunakan rata-rata diperoleh sebanyak 68,03% dengan ketuntasan mencapai 60,71% yang artinya belum mencapai KKM dan pada siklus 2 data nilai rata-rata siswa dalam pemahaman konsep peta yang dinilai dengan penugasan sesuai indikator telah mencapai 90% dengan ketuntasan mencapai 89,28% atau sudah mencapai KKM. Sedangkan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 63,46% dan meningkat pada siklus 2 mencapai 100%. Dalam hal ini siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebanyak 28,57%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peta pada siswa kelas IV.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Inquiry Terbimbing, Peningkatan Pemahaman, Konsep Peta |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mei 2023 07:43 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mei 2023 07:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12524 |
Actions (login required)
Lihat Item |