Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (R&D di kelas IV SDN Gunung Kaler 2 Kecamatan Gunung Kaler)

Aripin, Zaenal (2023) Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (R&D di kelas IV SDN Gunung Kaler 2 Kecamatan Gunung Kaler). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240032_Cover.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240032_Lampiran Depan.pdf

Download (434kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240032_BAB I.pdf

Download (248kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240032_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240032_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Media Pop-Up Book pada pembelajaran IPA materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya di Kelas IV SDN Gunung Kaler 2 Kecamatan Gunung Kaler. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV yang masih belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPA khususnya materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research and Development (Four D Models) menurut Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitiann, bahwa media pembelajaran dinyatakan layak. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor 3.53. dengan kategori baik dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya yang dilihat dari indikator keberhasilan mulai sebelum penmgembangan Media Pop-Up Book sebesar 46% menjadi 86% pada setelah pengembangan Media Pop-Up Book Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Pop-Up Book inilah yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya di kelas IV.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pop-Up Book, IPA, Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Mei 2023 07:23
Perubahan Terakhir: 31 Mei 2023 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.