Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan Di MTsN 2 Kabupaten Serang

Aniah, Aniah (2023) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan Di MTsN 2 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250022_Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_Lampiran Depan.pdf

Download (683kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (147kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_MPI_191250022_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Dan Kependidikan di MTsN 2 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode deskrtiptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum, Kepala Tata Usaha, Kepala Perpustakaan dan 2 orang guru. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai leader sudah baik, hal ini dikarenakan kepala madrasah mampu memahami dengan baik visi dan misi madrasah, mengatahui dengan jelas tentang kondisi tenaga pendidik dan kependidikan, menjadi teladan bagi warga madrasah dengan cara motivasi para guru-guru agar lebih semangat dalam mengajar, dan tentunya kepala madrasah selalu melibatkan guru dan staf dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cara musyawarah. Untuk standar mutu tenaga pendidik dan kependidikan sudah baik dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, yaitu tenaga pendidik sudah memenuhi standar kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, begitupun dengan tenaga administrasi sudah memenuhi standar kompetensi yaitu kompetesnsi kepribadian, sosial, teknis dan manajerial. Akan tetapi di madrasah ini masih kekurangan guru mata pelajaran matematika, maka perlunya peningkatan mutu tenaga pendidik. Bukah hanya itu untuk tenaga perpustakaan belum ada yang memiliki sertifikasi. Oleh karena itu, pentingnnya peningkatan mutu tenaga kependidikan dalam bidang perpustakaan. Setelah mengetahui mutu tenaga pendidik dan kependidikan di MTsN 2 Kabupaten Serang, selanjutnya upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan adalah dengan cara mengupayakan agar selalu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, dengan cara kepala madrasah aktif mengikutkan dirinya maupun guru dan tenaga kependidikan dalam berbagai acara pendidikan. Acara tersebut dapat berupa pendidikan dan pelatihan (Diklat), Workshop, dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kepala Madrasah Sebagai Leader, Mutu Pendidik, Mutu Tenaga Kependidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Public policy issues in education
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Mei 2023 04:34
Perubahan Terakhir: 04 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.