Furti, Firas Faida (2023) Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Geometri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas IV SDN Srengseng 04 Jakarta Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240077_Cover.pdf Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240077_Lampiran Depan.pdf Download (390kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240077_BAB I.pdf Download (184kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240077_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (264kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240077_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (289kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240077_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (181kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240077_BAB V.pdf Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240077_Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam memahami materi luas dan keliling bangun datar geometri di Kelas IV SDN Srengseng 04 Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul kemudian di analisis. Adapun proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat empat jenis-jenis kesulitan belajar yaitu kekacauan belajar (learning disorder), ketidakmampuan belajar (learning disability), learning disfungtions, under achiever dan lambat belajar (slow learner). Serta terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri terdiri dari faktor jasmani dan faktor rohani. Lalu untuk faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan sosial atau masyarakat sekitar. Ditemukan dua ABK yang mengalami lambat belajar (slow learner) dengan hasil Test Intelligence Quotient (IQ) nya dibawah rata-rata sehingga di analisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dan harapannya setelah mengetahui faktor-faktor dari kesulitan belajar tersebut dapat dicari solusi yang baik oleh sekolah maupun oleh pihak keluarga.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Jenis-jenis kesulitan belajar, faktor-faktor kesulitan belajar, solusi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mei 2023 03:03 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mei 2023 03:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12514 |
Actions (login required)
Lihat Item |