Pengembangan Media Buku Cergam Suku Baduy Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Research and Development di Kelas III R&D di Kelas III SDN Cibogo Kabupaten Serang)

Rahayu, Risma (2023) Pengembangan Media Buku Cergam Suku Baduy Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Research and Development di Kelas III R&D di Kelas III SDN Cibogo Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_171240038_Cover.pdf

Download (109kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_Lampiran Depan.pdf

Download (490kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240038_Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sebuah media buku cerita bergambar(cergam) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model 4D yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissaminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan sampel 20 siswa kelas III. Validasi media buku cergam berpedoman pada tiga aspek yaitu aspek fisik/keterampilan media, aspek bahasa, dan aspek materi. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 5,00, validasi dari ahli materi memperleh skor 4,85, dan validasi dari guru kelas memperoleh skor 4,85. Skor rata-rata dari keseluruhan validasi adalah 4,9 dari rentang 1-5 dan termasuk kategori “sangat baik. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa siswa dalam membaca mengalami peningkatan setelah menggunakan produk media buku cergam. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk buku cergam memproleh skor rata-rata 60,5, setelah menggunakan produk buku cergam memproleh skor 84,75. Sementara hasil respon siswa terhadap produk media buku cergam menunjukan bahwa produk mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III dengan rata-rata skor 98% dengan kategori “sangat baik”. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa produk media buku cergam sudah layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Buku Cergam, Kemampuan Membaca
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Mei 2023 08:17
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2023 08:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.