Wardah, Wardah (2023) Implementasi Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240026_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240026_Lampiran Depan.pdf Download (544kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240026_BAB I.pdf Download (460kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240026_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (334kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240026_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (450kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240026_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (453kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240026_BAB V.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240026_Daftar Pustaka.pdf Download (335kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang disebabkan karena kemamapuan membaca siswa Indonesia yang rendah, dibuktikan oleh hasil PISA 2018 yang menyebutkan bahwa Indonesia mendapatkan peringkat 74 atau berada pada 6 negara terbawah dengan perolehan nilai rata-rata 371, lebih rendah dari rata-rata negara peserta PISA 2018 sebesar 486. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode REAP pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Assa’adah Global Islamic School (AGIS), dan sampel penelitian kelas V A dan B yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa hasil test dan observasi. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest eksperimen 51,60 dan 72,08, sedangkan pretest dan posttest kelas kontrol 52,92 dan 54,58. Hasil uji independen sample t-test pada posttest dengan nilai sig 0,000 ≤ 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pada posttest kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menujukan bahwa metode REAP berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai rekomendasi metode pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Berpikir Kritis, Metode REAP, Pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Mei 2023 07:55 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mei 2023 07:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12502 |
Actions (login required)
Lihat Item |